Rabu, 19 April 2017

Venturi karburator

Apa sih yang dimaksud dengan Venturi Karburator



Karburator adalah bagian sangat penting dari sepeda motor. Hampir semua kendaraan bermotor menggunakan karburator karena pada umumnya sepeda motor menggunakan bahan bakar bensin.Oleh sebab itu karburator sepeda motor yang baik harus mampu membuat gas pembakaran yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Sedangkan untuk memperoleh pembakaran yang sempurna di butuhkan perbandingan bensin dan udara dalam pencampuran gas yang sesuai,berikut penjelasan dari venture karburator.




Images venturi


Venturi Karburator Motor


Fungsi dari Venturi karburator itu sendiri adalah untuk meningkatkan kevakuman udara yang disebabkan oleh perbedaan diameter lubang karbu, sehingga bahan bakar yang berada didalam mangkok karbu bisa terhisap ke ruang bakar melalui lubang spuyer karburator bisa juga disebut pilot jet dan main jet.

Cara kerja venturi karburator

Cara kerjanya adalah, bensin bisa naik menuju karburator dari mangkok karburator karena terdapat perbedaan tekanan didalam mangkok karburator yang kebih tinggi daripada venturi (fluida bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan lebih rendah).Karena kecepatan udara yang melewati venturi karbu lebih cepat dari pada udara didalam mangkok karburator (makin cepat fluida bergerak maka tekanannya semakin berkurang).


Apakah ukuran venturi karburator semuanya sama?

Jawabanya ialah tidak sama, karena ukuran karbu semua motor itu berbeda-beda ada bisa dilihat dari jenis sepeda motor itu sendiri.


Jenis – jenis venturi karburator

Jenis venturi karburator jika dilihat dari tipe karburator dapat dibedakan menjadi 3, berikut daftar ukuran venturi karburator motor :

Venturi karburator tetap

Venturi karburator jenis tetap sekarang ini banyak digunakan karena strukturnya lebih sederhana. ciri dari karburator berventuri tetap yaitu menggunakan sebuah venturi tetap dengan ukuran diameter tertentu, dan besar kevakuman yang dihasilkan oleh udara yang mengalir lewat venturi tersebut adalah sesuai dengan kecepatan alirannya.

• Venturi Karburator Variable

Karburator jenis ini permukaan dari venturi dikontrol agar sesuai dengan banyaknya udara yang terhisap oleh intake manifold.Kelebihan dari karburator variable venturi ini adalah perubahan terbukanya venturi sama baik pada saat kecepatan rendah maupun kecepatan sedang dan juga ketika beban mesin ringan maupun beban mesin sedang.Jumlah bahan bakar dapat berubah sesuai dengan volume udara yang masuk serta tahanan udara yang masuk menjadi lebih kecil.

• Venturi Karburator Air Valve


 Venturi karburator Air Valve adalah dimana terbukanya katup udara dikontrol oleh besar kecilnya udara yang terhisap. Struktur karburator jenis air valve ini berbeda dengan karburator tipe variable venturi, namun memiliki cara kerja yang sama.Karburator tipe air valve venturi memiliki dasar karburator arus turun dua barrel, namun cara kerjanya sama dengan dasar karburator sistem secondary yang sudah dimodifikasi.Karburator ini tidak memiliki tahanan udara pada venturinya sehingga memiliki keunggulan yaitu dapat menghasilkan output yang besar. Selain itu cara membuka dan menutupnya throttle valve atau katup throttle diatur secara mekanik sehingga tidak memerlukan diafragma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar